Bukan Hanya Malas Untuk Gosok Gigi, Ternyata Inilah 10 Penyebab Bau Mulut

DHIMAS BLOG - Bau mulut tidak sedap atau halitosis dapat disebabkan oleh beragam hal. Meski beragam, studi menunjukkan bahwa 80 persen bau mulut disebabkan oleh adanya masalah pada kesehatan gigi dan mulut seperti gigi berlubang, atau masalah gusi.

Bukan hanya dari kesehatan gigi dan gusi, ternyata penyebabnya juga dapat terjadi dari gaya hidup sehari-hari kita. Di luar sana banyak kasus dimana bau mulut tidak kunjung bisa diatasi meskipun sudah melakukan berbagai cara dalam mengatasinya, namun tetap saja hasilnya nihil.

Itu terjadi karena anda tidak tahu pasti apa penyebabnya sehingga tidak bisa memberikan pengobatan yang sesuai dan tepat. Di bawah ini ada beberapa hal yang mungkin menjadi salah satu penyebab munculnya bau mulut yang tidak sedap.

Bukan Hanya Malas Untuk Gosok Gigi, Ternyata Inilah 10 Penyebab Bau Mulut
image by Khoobsurati.com

1. Makanan & Minuman

Terdapat beberapa jenis makanan dan minuman yang ternyata bisa menyebabkan bau mulut tidak enak seperti petai, jengkol, nangka, durian, cempedak, bawang, dan alkohol. Makanan dan minuman tersebut merupakan contoh kecil, itu artinya masih banyak makanan dan minuman yang lain yang juga bisa menyebabkan bau mulut tidak enak.

2. Penyakit

Beberapa penyakit dan kelainan pada tubuh juga bisa menjadi penyebab anda mengalami bau mulut. Penderita kencing manis misalnya yang mengeluarkan gas aseton melalui mulut dan pernafasannya, gas ini timbul akibat penumpukan gula dalam tubuh dan sudah pasti bau gas aseton ini sangat mengganggu.

Selain itu infeksi pada saluran pernafasan juga bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Juga demam atau panas dalam yang akan menurunkan produksi air liur akibat suhu tubuh yang tinggi.

3. Kawat Gigi & Gigi Palsu

Kawat gigi yang difungsikan untuk membantu merapihkan susunan gigi juga bisa berubah fungsi menjadi perangkap bagi sisa makanan di dalam mulut.

Selain kawat gigi, ternyata gigi palsu juga malah akan memperburuk kondisi bau mulut yang tidak sedap. Gigi palsu ini berasal dari bahan acrylic yang sangat mudah menyerap bau.

Nah, akan gawat ketika kita makan dan bau makanan tersebut akan terserap ke dalam bahan tersebut, akibatnya tentu saja bau tidak sedap yang terus menerus ada meskipun rajin menggosok gigi.

4. Obat Tertentu

Kalian pasti pernah ketika meminum obat kemudian nafas atau sendawa menjadi berbau seperti obat yang diminum tadi. Ini juga berlaku pada beberapa obat berikut seperti obat hipertensi, obat anti depresi, dan juga obat antihistamin. Ketiga jenis obat tersebut merupakan yang paling dominan menyebabkan bau mulut tidak enak.

5. Gigi Berlubang

Awal terbentuknya gigi berlubang ialah dari bakteri yang berkumpul hingga membentuk plak. Plak ini kemudian akan terus menerus menggerogoti lapisan gigi, kemudian terbentuklah lubang lubang kecil yang dikenal sebagai gigi berlubang.

Gigi berlubang ini sering menjadi sarang bagi sisa sisa makanan, akibatnya tentu timbul bau yang tidak sedap akibat penumpukan sisa makanan yang sulit untuk dibersihkan.

6. Bakteri 

Mulut merupakan tempat singgah bagi ratusan bakteri. Di dalam mulut hidup lebih dari tiga ratus jenis bakteri baik maupun jahat, namun kenyataannya bakteri jahatlah yang mendominasi para bakteri di mulut. Biasanya bakteri bakteri ini berkumpul di permukaan lidah maupun di sela-sela gigi. Karena itulah penting sekali untuk rajin membersihkan gigi dan juga permukaan lidah.

7. Sisa Makanan 

Sisa makanan yang menyelip di sela-sela gigi sangat potensial menyebabkan bau mulut yang tidak enak. Jadi sebisa mungkin selalu bersihkan gigi ketika selesai makan baik dengan cara menyikatnya ataupun berkumur.

8. Infeksi

Dr. Thamrin yang merupakan dokter di RS khusus THT mengungkapkan bahwa banyak sekali kasus pasien yang mengeluhkan bau mulut. Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata hampir sebagian dari mereka menderita infeksi di saluran pernafasan yaitu paru-paru, bronchus, tenggorokan, hidung dan mulut.

Dari kasus-kasus itulah kemudian ia menyimpulkan bahwa salah satu penyebab bau mulut adalah infeksi di sekitar saluran pernafasan.

9. Kebiasaan Merokok dan Pecandu Alkohol

Nafas perokok dan pecandu alkohol biasanya menimbulkan bau yang tidak sedap. Ini karena aroma rokok yang sangat pekat di area mulut, paru-paru, dan tenggorokan para perokok. Sedangkan bau tidak enak dari pecandu alkohol biasanya disebabkan oleh fungsi liver yang terganggu.

10. Malas Membersihkan Mulut

Mulut merupakan suatu tempat yang sangat disukai oleh bakteri. Apabila tidak dibersihkan dengan sempurna, sisa makanan yang terselip bersama bakteri akan tetap berada di mulut dan terus bertambah banyak dan akhirnya menumpuk membentuk sebuah koloni yang disebut plak.

Plak yang merupakan kumpulan bakteri ini bisa memproduksi asam. Jika tak segera di singkirkan maka asam ini bisa menghancurkan lapisan email gigi dan akhirnya menyebabkan gigi berlubang.

Bau mulut memang perkara ringan. Tapi, jika semua penanganan yang kita lakukan tak kunjung berpengaruh, besar kemungkinan kalau bau mulut yang Anda miliki adalah dampak atau efek dari sebuah penyakit.

Jika anda merasa sudah menjaga kesehatan mulut dan gigi namun masih saja bau itu tidak hilang, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara mengatasi bau mulut di blog ini.

No comments:

Ada pertanyaan? Silahkan bertanya melalui kolom komentar ini, dan saya akan berusaha untuk membalasnya.

Ruler :
- Tidak berkata kasar
- Tidak spam
- Tidak promo/menaruh link aktif

Powered by Blogger.