7 Tips Cara Cepat Menghafal Dengan Mudah

7 Tips Cara Cepat Menghafal Dengan Mudah
Dhimas blog - Menghafal memang termasuk aktivitas yang cukup sulit, namun sebenarnya hambatan terbesar dalam menghafal adalah karena kita sering menganggap menghafal itu sulit dan takut hafalan tersebut akan lupa. Hal yang mudah sekalipun akan terasa susah bila kita selalu menganggap itu sebagai sebuah kesulitan. Padahal hanya dengan kemauan yang kuat dan tekad sekeras baja saja, hambatan sebesar apapun akan bisa dihadapi dan impian setinggi langit dapat dicapai.

Dalam belajar hal yang paling sulit itu menghafal atau mengingat seperti pada kebanyakan mata pelajaran Geografi, Sosiologi, Pkn, Sejarah adalah model-model mata pelajaran yang sangat rentan dengan hafalan. Selain itu pada mata pelajaran eksak seperti IPA, Matematika, Kimia, Biolgi juga tidak luput dari proses penghafalan materi yang menunjang prestasi siswa. Berbeda dengan pelajaran olahraga, kesenian, keterampilan dan tehnik itu lebih mengutamakan kerajinan dan keterampilan kita.

Cara cepat menghafal ternyata membutuhkan trik dan teknik tertentu agar dapat benar - benar efektif. Memang, dalam hidup ini, takdir setiap manusia itu berbeda - beda. Ada mungkin diantara Kamu yang sangat jago dalam bidang eksakta atau hitung menghitung, ada juga mungkin yang memang jago sekali dalam hal karang mengarang atau menulis ada juga yang memang susah menghafal dan menginta sesuatu.

Sebenarnya banyak sekali cara melatih memori agar dapat berguna dalam menghafal dengan cepat, mau tahu caranya seperti apa saja? Berikut adalah beberapa cara Cara Cepat Menghafal  Dengan Mudah.

1. Lakukan Gerakan - Gerakan Kecil

Cobalah sambil berjalan bolak - balik atau melakukan lompatan rendah, atau gerakan - gerakan kecil lainnya yang memungkinkan untuk dikerjakan sambil menghafal, atau lebih baik lagi sambil melakukan senam otak. Tapi ingat, jangan menghafal sambil melakukan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi, karena hal ini justru akan menimbulkan bahaya.

2. Percakapan

Salah satu cara terbaik untuk menghafal dengan cepat adalah membicarakan hal yang ingin kamu tetap simpan di otak dengan orang lain. Ketika kamu berbicara tentang sesuatu dengan orang lain, otak secara otomatis mulai menghubungkan sesuatu yang kamu ingin ingat. Hal ini membantu dalam menjaga informasi di dalam otak untuk djangka waktu yang lama.

3. Makan Makanan Bergizi

Ada banyak pilihan makanan untuk asupan otak, tapi menurut penelitian ilmiah, makanan-makanan yang dibutuhkan agar memori tetap terjaga dengan baik adalah : susu, telur, ikan, kerang, kacang, millet, jagung, lily, lada, bayam, jeruk, teh, nanas, wortel, alpukat, kubis, jamur, aprikot, anggur, dan blueberry. Kemudian, hindarilah junk foods yang tidak bermanfaat bagi tubuh. Dengan mengonsumsi makanan bergizi, selain dapat menambah kecerdasan, berarti kita juga telah menjaga kesehatan tubuh yang sangat berharga.

4. Istirahat Yang Cukup

Hal yang sering membuat siswa gagal dalam ujian adalah karena mereka baru menghafal pelajaran di malam sebelum ujian berlangsung (sistem kebut semalam). Memaksakan diri bukanlah hal yang baik, malah akan membuat hal negatif lainnya. Oleh sebab itu, istirahat yang cukup adalah hal yang sangat dibutuhkan untuk menghafal. Sejenius apapun seseorang, ia pasti membutuhkan istirahat yang cukup agar bisa kembali menghasilkan ide - ide brilian dan sekuat apapun seorang atlet ia tetap butuh istirahat agar menang dalam pertandingan. Demikian pula dengan menghafal, sebenarnya juga menguras energi yang banyak.

5. Berkonsentrasi dan Fokus

Meningkatkan konsentrasi membantu dalam menghafal lebih baik. Setiap hari, selama sepuluh menit, cobalah untuk mengingat apa yang telah kamu pelajari di kelas atau beberapa pekerjaan yang kamu lakukan di kantor. Cobalah untuk mengingat setiap detail mengenai hal itu. Ketika kamu mengingat peristiwa masa lalu sehari - hari, kamu harus benar - benar berkonsentrasi dan fokus, dan ini akan membantu meningkatkan memori kamu.

6. Dalami dan Pahami Hal Yang Akan Dihafal

Suatu waktu mendapat tugas untuk menghafal istilah berbahasa Inggris, sementara kamu sudah mahir berbahasa Inggris, tentu tidak sulit untuk menghafal istilah itu bukan? Maka lebih baik jika kita memahami apa dan mengerti apa yang kita hafal. Malahan menghafal dengan metode ini lebih cepat daripada tanpa memahami makna hafalan itu, terlebih pada rumus - rumus. Jika kita telah mengetahui dasar penurunan rumus tersebut, maka rumus itu bukan lagi sekedar hafalan tapi telah menjadi ingatan yang sempurna di dalam otak.

7. Mengulang - Ngulang Hal Yang Dihafal

Menghafal juga membutuhkan waktu untuk mengulang-ulang kembali hafalan tersebut agar dapat terekam dengan sempurna di dalam otak. Sebetulnya untuk hafalan yang menggunakan target tidak penting lamanya waktu diperlukan untuk menuntaskan hafalan karena yang terutama adalah konsistensi pada target yang telah dibuat. Pada saat hafalan itu banyak, tentulah waktu yang dibutuhkan untuk mengulang semakin banyak, jika ini tidak terpenuhi, maka hafalan tersebut tidak akan mantap. Di samping itu kalau kita menghafal melebihi target kita akan malas menghafal materi hafalan selanjutnya karena sombong dan merasa gampang pada hafalan itu.  Jika sekali saja kita malas menghafal, maka untuk selanjutnya kita akan malas menghafal.

Salah satu tips terakhir menghafal cepat adalah membuat semua daftar yang harus kamu lakukan setiap hari, intinya kamu bisa mengatur jadwal sendiri. Kamu dapat melakukan hal yang berkaitan dengan pekerjaan kantor juga. Menuliskan tugas kamu dan kemudian mengerjakannya sampai selesai, adalah cara yang baik untuk memastikan bahwa kamu tidak lupa sebagai cara menghafal cepat.

No comments:

Ada pertanyaan? Silahkan bertanya melalui kolom komentar ini, dan saya akan berusaha untuk membalasnya.

Ruler :
- Tidak berkata kasar
- Tidak spam
- Tidak promo/menaruh link aktif

Powered by Blogger.